Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

KMPA Menggelar Penanaman Pohon di Kawasan Danau Mooat

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian (Distan) menggelar aksi penanaman pohon di kawasan Danau Mooat, Sabtu (8/10/2022) kemarin.

Dalam program penghijauan penanaman pohon ini, Pemkab Boltim bekerjasama dengan Kaum Muda Pecinta Alam (KMPA) Maleo serta Resort Kehutanan Wilayah Boltim.

Kepala Distan Boltim, Mat Sunardi,  Senin (10/10/2022) mengatakan, sangat mendukung sekaligus mengapresiasi kegiatan yang digagas kaum milenial pecinta alam.

“Prinsipnya terkait pelestarian lingkungan kami sangat mendukung dan mengapresiasi kawan-kawan pecinta alam yang sudah menggagas sehingga dapat terlaksananya pencanangan penanaman pohon di wilayah boltim yang di integrasikan dengan suksesnya acara Mooat Horticulture Fest 2022,” kata Mat.

Dia berharap, kepedulian terhadap lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon ini akan terus berkesinambungan kedepannya.

“Harapan saya kegiatan ini akan terus dilaksanakan sehingga nanti akan bertambah generasi pecinta alam dan lingkungan. Bagi saya pribadi pohon adalah sumber air dan air itu sumber kehidupan,” tambah Mat.

Sementara itu, Kepala Resort Kehutanan Wilayah Boltim Deddy Tandayu, mengatakan, turut mengapresiasi kegiatan yang digelar, dan berharap kedepannya kegiatan penanaman bibit pohon dan penghijauan akan terus berlanjut.

Kita akan beri kesempatan komunitas pecinta alam untuk melihat lahan-lahan yang kritis, jika boleh diusulkan untuk reboisasi, kami dari pihak kehutanan, KPH II segenap hati akan membantu,” tutur Deddy.

Ketua Umum KMPA Maleo, Dhea C. Buhang, mengungkapkan rasa syukur atas sukses terlaksananya kegiatan penanaman pohon di kawasan Danau Mooat.

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari kerjasama yang baik serta bentuk kepedulian dari pemerintah daerah dalam upaya menjaga kelestarian alam di kabupaten yang terkenal dengan daerah seribu danau tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan KMPA Maleo yang pertama kalinya berjalan dengan lancar dan sukses. Hal itu juga berkat dukungan serta arahan dari pemerintah daerah khususnya bapak bupati,” ujar Dhea.

Dia berharap, dukungan dari pemerintah daerah untuk kegiatan-kegiatan ke depan seputar pelestarian alam dan lingkungan.

“Semoga segala kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kelestarian alam akan selalu mendapat dukungan dari pemerintah daerah,” pungkas Dhea.