Unit Tipidter Polres Kotamobagu bersama Petugas Metrologi Cek Dispenser dan Nosel BBM di SPBU

TAJUK KOTAMOBAGU – Dalam upaya menjaga situasi Keamanan, Ketertiban, dan Kenyamanan Bersama (Kamtibmas) menjelang mudik Lebaran 1445 Hijriah, khususnya terkait distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah hukum Polres Kotamobagu, unit tindak pidana tertentu (Tipidter) Satuan Reserse Kriminal Polres Kotamobagu bekerja sama dengan petugas pengawas kemetrologian Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Kotamobagu melakukan pemeriksaan Dispenser dan Nosel pengisian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah tersebut.

Petugas metrologi bersama personel Satuan Reserse Kriminal melakukan pemeriksaan menggunakan alat bejana ukur kapasitas 20 Liter di SPBU yang terletak di Kelurahan Matali dan SPBU Kotobangon terhadap BBM jenis Solar, Dexlite, Pertalite, serta Pertamax.

Dari hasil pemeriksaan ini, tidak ditemukan adanya kecurangan oleh petugas pengisian di kedua SPBU tersebut. Meskipun demikian, personel Satuan Reserse Kriminal menghimbau petugas agar tetap selektif dalam melakukan pengisian BBM subsidi terhadap konsumen yang melakukan pengisian secara berulang.

“Kami juga telah memberikan himbauan kepada petugas SPBU untuk tidak melakukan penyimpangan dengan modus permainan Barcode. Selain itu, petugas nosel dihimbau untuk memperhatikan kesesuaian antara Barcode, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan pelat nomor kendaraan. Tidak boleh ada pengisian BBM terhadap kendaraan dengan tangki rakitan,” tegas PS. Kepala unit Tipidter Satuan Reserse Kriminal Polres Kotamobagu, Aipda Syailendra Tanjung, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat yang akan melakukan mudik tetap dapat melakukannya dengan lancar dan tanpa adanya praktik kecurangan pengisian BBM di SPBU. Masyarakat pun dihimbau agar jika menemukan adanya kecurangan di SPBU, agar segera melaporkannya kepada pihak berwenang untuk ditindaklanjuti secara tepat dan cepat.