Pemuda Karang Taruna Desa di Boltim Ikuti Pelatihan Barista

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Sosial, telah mengadakan pelatihan barista untuk 20 orang pengurus Karang Taruna Desa. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Entrepreneurship.

Kepala Dinas Sosial, Imran Golonda, Minggu (17/12/2023) menjelaskan, pelatihan barista ini adalah bentuk perhatian dari Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto. Tujuannya adalah meningkatkan keterampilan pemuda Karang Taruna dalam menjalankan usaha sebagai barista. Dia menekankan pentingnya memanfaatkan potensi alam, khususnya dalam penghasilan kopi di Sulut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dari Bupati Boltim kepada pemuda Karang Taruna di desa-desa. Mereka dilatih bagaimana meracik kopi sebagai profesi barista, karena Boltim adalah penghasil kopi di Sulut. Potensi alam itu harus dimanfaatkan, sehingga SDM di Boltim, khususnya pemuda Karang Taruna, memiliki keterampilan sebagai peracik kopi,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan para peserta pelatihan sangat antusias saat melakukan praktek meracik kopi yang diajarkan oleh instruktur.

Menurutnya, beberapa peserta bahkan melakukan praktek hingga 3 sampai 4 kali karena rasa penasaran mereka ingin menggali lebih dalam tentang seni meracik kopi.

“Mereka sangat antusias karena di Boltim, sesuai informasi, belum pernah dilaksanakan pelatihan barista. Bahkan dalam praktek ada yang 3 sampai 4 kali melakukan praktek karena penasaran ingin mencari tahu bagaimana meracik kopi. Instruktur mengenalkan semua teori-teori jenis kopi, termasuk teori pemasaran oleh barista,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan setelah pelatihan barista di tahun 2023, sebelas Karang Taruna akan mendapatkan bantuan alat untuk meracik kopi.

“Insya Allah, mereka yang mendapatkan pelatihan barista akan mendapatkan bantuan alat-alat untuk meracik kopi. Untuk tahun ini, setelah pelatihan ini, ada 11 Karang Taruna dari 20 Karang Taruna. Sisanya pada tahun 2024 akan diberikan bantuan,” tutupnya.(YA)