YJI Sulut Galakkan Pencegahan Penyakit Jantung di Kalangan Remaja

TAJUK SULUT – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sulawesi Utara (Sulut), di bawah kepemimpinan dr. Devi Kartika Kandouw Tanos, bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menyelenggarakan kegiatan edukasi kesehatan jantung untuk anak remaja, di Gedung Waleta Kantor Bupati Minsel, Rabu (6/12/2023).

Acara tersebut juga melibatkan senam jantung remaja, atau yang dikenal sebagai Hip Heart, dengan partisipasi 300 peserta dari SMA/SMK se Kabupaten Minsel.

“Semakin tahun, semakin banyak usia muda dan produktif yang terserang penyakit jantung,” ungkap Ketua YJI Sulut, dr. Devi Kartika Kandouw Tanos, dalam audiens dengan para remaja.

Dia menekankan pentingnya pencegahan penyakit jantung dengan pola hidup sehat sejak dini.

“Kami mengkampanyekan pentingnya pencegahan penyakit jantung untuk menjadi fokus utama generasi muda produktif,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan betapa pentingnya peran generasi muda sebagai agen perubahan di bidang kesehatan jantung. Dengan pengaruh besar yang dimiliki generasi muda, mereka dapat memengaruhi lingkungan sekolah, keluarga, dan tempat tinggal mereka.

“Kami harapkan bisa ditularkan dan bisa membentuk klub jantung remaja di setiap sekolah. Sekolah sebagai pelopor gaya hidup sehat,” tambahnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua YJI Cabang Minahasa Selatan (Minsel), Elsje Rosje Sumual. Sosialisasi senam Hip Heart menampilkan siswa SMU Rex Mundi, pemenang lomba senam Hip Heart bulan November 2023.(ICS)