Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Bupati Sachrul Mamonto Buka Latsar CPNS Boltim

TAJUK BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si resmi membuka pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Latsar CPNS Boltim tersebut dilaksanakan di Ballroom SMK Yadika, Bolaang Mongondow, Senin (11/7/2022).

Bupati mengatakan, kegiatan Latsar CPNS Boltim dilaksanakan sebagai upaya pihak Pemkab Boltim untuk menginternalisasikan nilai dasar ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Sesuai amanat Pemerintah Pusat, kata Bupati, para ASN harus bangga melayani masyarakat.

“ASN harus mampu memberikan solusi pada persoalan masyarakat, sehingga melindungi, mengayomi, dan memenuhi hak-hak masyarakat sesuai dengan amanah konstitusi,” pesan Bupati saat sambutan dalam Latsar CPNS Botlim.

Bupati Boltim juga menyampaikan pesan khusus lainnya kepada ASN agar bisa beradaptasi dengan perubahan.

Karena itu, dia berharap Latsar CPNS Boltim ini mampu mengasah kompetensi sehingga bisa meningkatkan daya saing baik secara regional, nasional maupun global.

“Melalui Latsar CPNS Boltim ini, saatnya kalian membuktikan bahwa kalian memang CPNS-CPNS terbaik yang siap mengabdi dan bersama-sama memajukan organisasi, baik bagi CPNS di masing-masing SKPD maupun yang di Pemkab Boltim,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati berpesan bahwa kalian harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat mulai dari berakhlak yang baik, berbudi pekerti yang baik, berperilaku yang baik, bertanggung jawab, serta profesional dalam jabatan.

“Karena kalian diberi tanggung jawab untuk melaksanakan urusan pemerintahan. Maka lewat kegiatan ini, saya minta ikuti dan laksanakan semua kewajiban yang diberikan pemateri atau instruktur mulai dari belajar dengan baik, disiplin, dan menghargai waktu,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa dirinya pernah membaca sebuah tulisan sederhana bahwa mereka yang tidak pernah belajar taat, tidak akan menjadi seorang komandan yang baik.

“Maka belajarlah taat mulai saat ini, agar kelak kalian akan menjadi komandan yang baik dalam SKPD masing-masing. Jika tidak taat, kalian tidak akan menjadi komandan dalam SKPD yang baik untuk kepentingan negara dan daerah,” jelasnya.

Bupati juga menambahkan banyak yang ingin menjadi seorang ASN, namun hanya sebagian yang terpilih termasuk peserta Latsar CPNS Boltim saat ini.

Maka bersyukurlah dan laksanakan tugas kalian dengan baik. Kemudian cintailah cintailah Kabupaten Boltim meski sebagian yang lulus berasal dari daerah luar. Serta cintailah tugas kalian meski berada di tempat yang tidak disukai.

“Saya nantinya akan melakukan kontrak awal, kalian akan bekerja di Kabupaten Boltim tidak hanya 15 tahun namun sampai pensiun akan bertugas di Kabupaten Boltim,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Boltim Rezha Mamonto mengatakan pelaksanaan Latsar CPNS Boltim ini dimulai 11 Juli sampai 2 September 2022.

Dengan waktu pelaksanaan 511 jam pembelajaran atau 51 hari kerja. Adapun rinciannya 177 jam pembelajaran atau 18 hari kerja dilaksanakan di tempat penyelenggaraan Latsar CPNS, kemudian 320 jam pembelajaran atau  30 hari kerja dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta. Dan terkahir, 14 jam pembelajaran atau 3 hari kerja kembali dilaksanakan di tempat penyelenggaraan Latsar CPNS.

“Untuk peserta Latsar CPNS yang dinyatakan LULUS pada seleksi penerimaan CPNS Formasi Umum golongan II dan Golongan III Formasi Tahun 2019 sebanyak 87 orang. Dengan rincian 65 Orang peserta Golongan III, 22 Peserta Golongan II. Yang dibagi dalam III Angkatan yaitu, Golongan III Angkatan I sebanyak 33 orang Peserta, Angkatan II 32 Orang Peserta, dan Golongan II berjumlah 22 orang peserta,” tambahnya.(*)