Ratusan PPPK Tenaga Kesehatan Kabupaten Boltim Ikuti Tes CAT

TAJUK BOLTIM – Ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan (Nakes), di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mulai mengikuti seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT), di Poltekkes Manado.

Tes CAT Nakes PPPK Boltim ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, Ir Sonny Warroka, kemarin Minggu (11/12/2022) hingga Senin 12 Desember, yang dihadiri Kapala Badan BKPSDM Boltim, Rezha Mamonto, Asisten I Rahman Hulalata, Asisten II Mr Alung, dan Kepala Dinas Kesehatan Boltim Saifudin Gobel.

Dalam sambutannya, Sekda Ir. Sonny Warroka, mewakili Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, Senin (12/12/2022) menyampaikan pesan dari Bupati kepada seluruh peserta seleksi.

“Ada salam dari Pak Bupati agar semua peserta seleksi perbanyak berdoa, dan fokus supaya menjawab pertanyaan pada soal-soal yang ada menjadi mudah. Biarpun soal mudah namun peserta tidak fokus dan tegang maka bisa jadi jawabannya akan salah. makanya rileks saja dan yakin,” ujar Sekda.

Adapun harapan kami, kata Sekda, Bupati Boltim, dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Boltim berharap, seluruh peserta seleksi akan mendapatkan nilai sesuai ambang batas.

“Harapan kami, semua peserta ini bisa lulus agar kebutuhan tenaga kesehatan di Kabupaten Boltim untuk pelayanan masyarakat dapat terpenuhi,” pintanya.

Lanjutnya, Kami hadir untuk memberikan semangat kepada seluruh peserta bahwa jangan pernah ada yang menyerah ketika menemui soal-soal sulit.

“Dengan waktu yang disediakan, maka peserta harus fokus. Ketika ada soal yang dirasa agak susah, maka lewati dulu. Kerjakan dahulu mana yang dianggap mudah, setelahnya kembali cek soal-soal yang telah dilompati, agar semua bisa dikerjakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Saifudin Gobel, menuturkan, dengan dibukanya formasi PPPK, dirinya sangat berharap semua peserta seleksi bisa lulus passing grade.

“Bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Boltim ini masih sangat dibutuhkan sejak dibukanya Rumah Sakit Pratama. Semua puskesmas mengeluhkan kekurangan tenaga. Sehingga itu, saya sebagai penanggung jawab kesehatan di Kabupaten Boltim sangat berharap bagi seluruh peserta yang mengikuti tes ini bisa mendapatkan nilai sesuai dan dinyatakan lulus semuanya,” harapnya.

Adapun Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Moh. Rezha Mamonto, memaparkan laporan pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Boltim tahun anggaran 2022.

Diketahui, jumlah para peserta seleksi PPPK sebanyak 263 orang. Adapun seleksi kompetensi PPPK tenaga kesehatan meliputi; seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, wawancara. Sementara untuk nilai ambang batas seleksi kompetensi tenaga kesehatan; Nilai ambang batas untuk seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang tidak mensyaratkan STR adalah 158, nilai ambang batas untuk seleksi komptensi manajerial dan sosial kultural adalah 130, dan nilai ambang batas untuk wawancara adalah 24.