Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Kotamobagu Jual Murah Cabai Hasil Panen Perdana

TAJUK KOTAMOBAGU – Program “Marijo ba Kobong” yang dicanangkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, beberapa waktu lalu, berhasil diimplementasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si.

Keberhasilan ini ditandai dengan panen perdana tanaman cabai, yang dipimpin oleh Wali Kota Asripan Nani, diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kotamobagu, yang dilaksanakan di lahan eks rumah jabatan (Rujab) Bupati Bolaang Mongondow di Bukit Ilongkow, Kelurahan Kotobangon ini, Selasa (7/5/2024).

Usai pelaksanaan panen perdana, Asisten I Pemkot Kotamobagu, Nasli Paputungan, menjelaskan hasil panen cabai ini nantinya akan dijual dengan harga murah kepada masyarakat umum.

“Hasil panen akan kita kumpulkan di Dinas Pertanian kemudian akan dijual ke masyarakat umum di bawah harga pasaran. Saat ini harga cabai di pasaran per kilonya 75 ribu. Nah, untuk membantu meringankan masyarakat, cabai hasil panen dari pemerintah ini hanya dijual seharga 50 ribu per kilonya. Itu artinya pemerintah sudah bisa membantu masyarakat memperoleh kebutuhan komoditi cabai dengan harga murah,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, program Marijo ba Kobong yang telah dijalankan oleh pemerintah daerah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif dengan menanam berbagai tanaman komoditas pertanian.

“Pemerintah setiap saat selalu menghimbau sekaligus mengedukasi masyarakat untuk dapat memanfaatkan ruang atau lahan pekarangan agar dapat ditanami tanaman yang dibutuhkan secara umum. Baik untuk kebutuhan konsumsi pribadi atau kelebihannya dijual. Dorongan pemerintah ini tentunya untuk turut membangun perekonomian dari sektor pertanian,” tutupnya.