Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Wali Kota Asripan Nani Imbau Pemdes dan Masyarakat Tingkatkan Potensi Desa

TAJUK KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si mengimbau kepada seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat di wilayah Kota Kotamobagu, untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing desa, demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Asripan Nani dalam sambutannya saat menghadiri pelaksanaan Halal Bi Halal di Desa Pontodon Timur Kecamatan Kotamobagu Utara, Senin (13/5/2024).

Wali Kota Asripan Nani menyoroti pentingnya mengikuti jejak daerah-daerah lain seperti Jawa dan Bali, yang berhasil mengembangkan potensi desanya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Beliau mencontohkan Bali yang memiliki Desa Pariwisata, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

“Saat ini di Jawa dan Bali, mereka berlomba-lomba meningkatkan potensi yang dimiliki untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakatnya. Contohnya di Bali, ada Desa Pariwisata yang selalu dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh Pemerintah Desa dan masyarakat untuk dapat menggali potensi yang dimiliki oleh desa masing-masing, misalnya UMKM apa yang dapat dimajukan di desa tersebut, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa,” ujar Wali Kota.

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat dalam menggali dan mengembangkan potensi desa, baik di sektor pariwisata, usaha kecil menengah (UMKM), maupun sektor lainnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Dengan adanya dorongan dan inisiatif ini, diharapkan desa-desa di Kotamobagu dapat lebih berkembang dan mandiri secara ekonomi, serta mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakatnya.