Sekda Sonny Warokka Hadiri Kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD

TAJUK BOLTIM – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Boltim, Sonny Warokka menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Selasa, (6/12/2022).

Usai kegiatan, Sonny Warokka mengatakan terlaksananya kegiatan ini untuk menciptakan perubahan yang lebih baik di desa.

“Tadi saya memberi materi terkait kebijakan pemerintah daerah terhadap tugas dan fungsinya BPD,” ujarnya.

Sekda menyampaikan, dirinya mengangkat tentang bagaimana peran fungsi BPD dalam rangka menjabarkan kebijakan pimpinan pemerintah daerah.

“Contoh misalnya pelaksanaan visi misi pak bupati, yang kalau dilihat visi misinya adalah pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis pedesaan sebenarnya. Itu artinya pembangunan itu diarahkan ke pedesaan. Itu artinya peran desa itu besar, termasuk peran dan fungsi BPD,” jelasnya.

Menurut Sekda, kalau BPD melakukan peran dan fungsinya dengan benar akan berdampak luar biasa bagi kemajuan desa.

“Bagaimana penjabaran program pemerintah kabupaten ke desa dan bagaimana progam desa yang lahir dari aspirasi masyarakat. Sebab kalau tidak menjalankan peran dan fungsinya maka tidak akan ada kontrol terhadap pembangunan di desa. Itulah pentingnya sehingga dilakukan peningkatan kapasitas BPD ini,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, membangkitkan serta memotivasi semangat peran BPD ini sangat penting bukan hanya pelengkap. Ada peran dan fungsi besar BPD didesa.

“Harapannya dengan mereka memahami peran dan fungsinya apa, maka akan terlihat perubahan yang akan terjadi di desa,” pungkasnya.