Bantuan Mesin Tempel dan Ketinting di Boltim Segera Disalurkan

TAJUK BOLTIM – Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan segera menyalurkan bantuan mesin tempel dan ketinting untuk kelompok nelayan di bagian pesisir.

Kepala Dinas Perikanan Boltim, Nasaruddin Paputungan, Rabu (9/11/2022), pihaknya sedang menyiapkan bantuan mesin tempel dan ketinting, yang rencananya akan disalurkan sekitar akhir tahun ini kepada kelompok nelayan.

“Untuk mesin ketinting ada 36 unit untuk 36 kelompok. Dan mesin tempel ada 5 unit untuk 5 kelompok. Sedangkan mesin yang di bawah 3GT ada 4 unit untuk 4 kelompok,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, prosedur untuk pembagian mesin tempel dan ketinting, harus sesuai dengan proposal yang masuk.

“Untuk pembagiannya sesuai dengan proposal yang masuk dan sudah di verifikasi, validasi secara teknis, dan nanti akan diserahkan kepada yang berhak. Untuk mendapatkan mesin tempel dan ketinting, persyaratan utamanya harus ada perahu. Karena kalau dikasih mesin tempel dan ketinting kalau tidak ada perahu pasti akan dijual,” tambahnya.

Terkait regulasi itu, pihaknya akan lebih tegas dengan bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan.

“Jika ada yang kedapatan menjual bantuan tersebut, akan dilaporkan kepada pihak berwajib. Kalau sekarang tidak ada yang berani menjual, kalau dijual pasti akan kami tarik. Seperti bantuan yang tahun lalu, mereka coba menjual di desa lain, tapi kemudian kami tarik, dan mereka tidak bisa berbuat apa-apa, karena sekarang ada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” jelasnya.

Dia juga mengingatkan, jika kelompok tidak optimal memanfaatkan atau dipindah tangankan atau terindikasi dijual, maka pihaknya akan melaporkan kepada aparat penegak hukum.

“Jadi sekarang sudah harus tegas, kami tidak bisa seperti lalu-lalu cuma satu tahun masih ada, tahun kedua dijual dan itu banyak temuanya, sekarang kami tidak main- main. Makannya kami memberikan bantuan secara profesional,” pungkasnya.