Panwascam Boltim Terima Wejangan dari Bupati Sachrul

TAJUK BOLTIM – Sebagai mantan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, memberikan motivasi dan wejangan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Boltim, usai pelantikan pada Jumat (28/10/2022) di Ballroom Hotel Sutanraja Kotamobagu.

“Saya memberi motivasi bukan karena saya sebagai Bupati, tapi karena saya mantan penyelenggara. Kenapa pengawasan harus bisa berjalan dengan baik karena ada keuangan negara yang dipakai dalam setiap tahapan penyelenggaraan. Kalian harus bisa membangun network dan membangun komunikasi,” ujar mantan ketua KPU Bolmong sekaligus Boltim dan Bolsel ini.

Mamonto mengatakan, Panwascam bukan sekadar mengawasi, lebih dari itu harus bisa melakukan pemetaan potensi masalah di lapangan ketika penyelenggaraan tahapan berlangsung dan dilaporkan sehingga tugas Bawaslu terbantu.

“Tugas Panwascam tidak hanya mengawasi Pemilu. Namun harus bisa mengeluarkan kemampuan dan kecerdasannya untuk memetakan potensi-potensi konflik pelaksanaan jalannya tahapan. Jadi kalian membantu tugas Bawaslu untuk melakukan pemetaan,” ujar mantan wartawan ini dihadapan Panwascam tujuh Kecamatan di Boltim.

Panwascam kata SSM, juga harus mengajarkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan tahapan pemilihan agar ada pemahaman. Harus menjaga integritas, jujur dan bisa menjaga etika saat melakasanakan tugas. Jangan kemudian karena era digital, saat mendapat persoalan di lapangan langsung diumbar di medsos. Tapi buatlah laporan ke atasan untuk ditindaklanjuti.

“Karena hari ini juga berkaitan dengan sumpah pemuda, maka sebagai pemuda kalian harus bisa, bahwa jadi panwas karena kemampuan dan skill yang dimiliki. Sehingga tunjukan kecerdasan kalian, apalagi saat melaksanakan tugas di lapangan. Apabila menghadapi masalah, dokumentasikan saja sebagai laporan pelanggaran. Jangan kemudian berhadapan, jika hal itu akan mengancam keselamatan saat bertugas,” terangnya.

Diakhir pembekalan, SSM menegaskan, bahwa penyelenggaraan Pemilu dijamin oleh pemerintah agar tahapannya terlaksana dengan baik sampai selesai, sehingga Panwas bisa fokus bekerja.

“Pemerintah harus menjamin keterlaksanaan penyelenggaraan sampai selesai, terutama adalah soal ketersediaan anggaran pelaksaanaan tahapan,” pungkas Mantan ketua DPRD Boltim.

Untuk diketahui, saat pelantikan Panwascam yang dilakukan oleh Bawaslu Boltim, turut hadir antara lain, Komisioner Bawaslu Sulut, Forkopimda Boltim, para Camat dan mewakili.