Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Dinas PMD Boltim Minta BUMDes yang Bermasalah Segera Dievaluasi

TAJUK BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan turun lapangan melakukan monitoring Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bulan September ini.

Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel, Jumat (2/9/2022) mengatakan, saat ini ada sejumlah BUMDes yang bermasalah di Kabupaten Boltim.

“Sejauh ini, berdasarkan data pengelolaan BUMdes yang ada di DPMD Boltim, sedikitnya ada 40 sampai 50 persen desa di Boltim yang mengalami permasalahan dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya mengimbau kepada Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk segera melakukan evaluasi kepengurusan yang bermasalah.

“Pemdes segera membentuk kepengurusan yang bermasalah, namun bisa juga tidak merubah kepengurusan, asalkan ada pertanggung jawaban dari pengurus yang lama,” tambahnya.

Untuk itu kepada pengurus yang lama untuk dapat mempertanggung jawabkan dan menyelesaikan masalah dalam hal pengelolaan.

“Minimal pengurus lama berkomitmen untuk bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan masalah dalam hal pengelolaan Badan Usaha Milik Desa,” pungkasnya.