Diskominfo Boltim Fasilitasi Pembuatan Website Desa Secara Gratis

Tajuk.News, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomifo), akan memfasilitasi pembuatan website desa secara gratis.

Kepala Diskominfo Boltim, Khaeruddin Mamonto, Kamis (7/4/2022) mengatakan, keberadaan website desa penting agar masyarakat bisa mengetahui rencana kerja, potensi wilayah serta keberhasilan program pembangunan oleh pemerintah hingga tingkat paling rendah. Hal ini juga tercantum dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Untuk tahun ini Diskominfo akan memfasilitasi 80 Desa, dalam pembuatan website resmi secara gratis dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, sebelum pembuatan website desa, harus ada jaringan internet terlebih dahulu.

“Kemarin kita sudah ketemu dengan PT Protelindo/Indosat guna membahas kerja sama dan titik koordinat pemasangan tower jaringan internet, yakni di desa Jiko Belanga dan Matabulu Timur. Sementara Kecamatan Motongkad sudah terlebih dahulu di pasang tower Telkomsel,” tambahnya.

Menurutnya, ini perlu diadakan karena dalam urusan administrasi, koordinasi informasi atau urusan pemerintahan perlu kemudahan pelayanan masyarakat, juga informasi kepada masyarakat.

“Mengingat jarak pusat pemerintahan dan desa cukup jauh, makanya dalam era globalisasi perlu percepatan informasi untuk kemudahan pelayanan pada masyarakat,” pungkasnya.(Yusuf)