AMSI Sulut Dorong Keberlanjutan Media Berkualitas dan Terpercaya

TAJUK SULUT – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulawesi Utara (Sulut), Evan Steven Liow, memberikan apresiasi kepada Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) atas upayanya dalam meningkatkan kualitas dan kepercayaan media.

Pujian ini disampaikan saat Steven Liow, mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, membuka Public Hearing on Trustworthy News Indicators dan Konferensi Wilayah III AMSI Sulawesi Utara di Hotel Quality, Kota Manado, Sabtu (9/12/2023).

Dalam sambutannya, Liow mengungkapkan kebutuhan akan media yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Dia berharap upaya yang dilakukan oleh AMSI Sulut dapat memberikan dampak positif dan hasil yang diharapkan.

Dia juga mengajak ketua yang terpilih untuk terus berkarya dan memberikan warna positif dalam dunia media.

“Kita membutuhkan media yang bertanggung jawab, dan kiranya apa yang dilakukan hari ini oleh AMSI Sulut akan memberikan warna yang baik serta hasil yang diharapkan dan siapapun yang terpilih menjadi ketua kiranya bisa berkarya terus,” ucap Liow.

Dia menyoroti peran penting AMSI dalam menekan penyebaran informasi palsu atau hoax di berbagai platform media sosial.

Dia menegaskan, AMSI harus berperan aktif dalam mencegah penyebaran informasi palsu dan menyatakan dukungannya terhadap peran organisasi ini.

“Saat ini masalah menyebarkan informasi hoax di media sosial harus dihentikan dan AMSI harus berperan penting untuk mencegah itu,” tutur Liow.

Manager Program Internews Indonesia, Firmansyah Syamsi, yang hadir secara daring, juga memberikan apresiasi terhadap AMSI dalam merumuskan 11 indikator berita yang dapat dipercaya.

Dia berharap AMSI Sulut terus berkarya, mendorong ekosistem media digital, dan melakukan evaluasi secara berkelanjutan untuk kemajuan AMSI ke depan.

“Kegiatan ini sangatlah penting untuk mendorong kepercayaan publik terhadap media. Saat ini ada 100 media yang sudah kerjasama Trustworthy News Indicators, dan semoga bertambah lagi dengan adanya media di AMSI Sulut,” kata Firmansyah.(ICS)