Besok, Migrant Day Digelar di Kotamobagu

TAJUK KOTAMOBAGU – Peringatan Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) atau Migrant Day akan digelar di Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari, dimulai Sabtu Besok, 10 sampai 11 Desember 2022.

Kotamobagu merupakan kota ketiga setelah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah gelaran Migrant Day.

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulut, Hendra Makalalag, mengatakan, Kotamobagu salah satu daerah dari lima kota yang ditetapakn BP2MI Pusat untuk peringatan Migrant Day.

“Kota Kotamobagu merupakan kota ketiga touring BP2MI Pusat peringatan HPMI. Perayaan Migrant Day mengambil tema Pekerja Migran Bermartabat, Negara Berdaulat,” kata Hendra Jumat (9/12/2022).

Hendra mengatakan, HPMI adalah pesta bagi para pahlawan devisa. Hari Buruh Migran Internasional, atau disebut juga Migrant Day sendiri adalah suatu konvensi yang diselenggarakan pertama kali oleh negara-negara pengirim buruh migran pada tanggal 18 Desember 1990.

“Konvensi tersebut, membahas tentang standar, hak-hak, dan pelindungan bagi para pekerja migran di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” tambahnya.

Hendra membeberkan lima titik provinsi di Indonesia yamg akan menjadi tujuan pelaksanaan HPMI yaitu Medan, Sumatera Utara, Surabaya, Jawa Timur, Indramayu, Jawa Barat, Grobogan, Jawa Tengah, dan Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Rincian kegiatan yang direncanakan bervariasi, mulai dari gerak jalan, pagelaran wayang, aerobik, konser musik, doorprize, dan sebagainya.

Dia mengucapkan terima kasih atas suport dari Pemkot Kotamobagu atas pelaksanaam HPMI yang rencananya akan berlangsung selama dua hari yakni 10-11 Desember.