Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Bolmut Raih Penghargaan Sistem Meritokrasi Instansi Pemerintah

TAJUK BOLMUT – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meraih Penghargaan Sistem Meritokrasi Instansi Pemerintah Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tahun 2022. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolmut, Amin Lasena, Kamis (8/12/2022) kemarin, di Jakarta.

“Keberhasilan ini dalam rangka memotivasi seluruh instansi Pemerintah Daerah untuk terus memperbaiki pelayanan publik serta mempersiapkan manajemen merit, yaitu menyiapkan SDM kita. Penghargaan tersebut untuk  menyampaikan hasil penilaian implementasi sistem merit pada manajemen ASN di instansi pemerintah yang merupakan bagian dari upaya pengawasan KASN,” ujar Wabup.

Sementara itu, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, dalam sambutannya mengatakan, periode kali ini pihaknya menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit “Sangat Baik” dan “Baik”. Adapun rinciannya, terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih kategori “Sangat Baik” dan 144 peraih predikat “Baik”.

Menurut ketua KASN, keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategoriBaik dan Sangat Baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya.

“Selain itu, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dan Instansi paguyuban dalam menerapkan sistem merit,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan, gelaran Anugerah Meritokrasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan percepatan sistem merit.

“Saat ini masih terdapat 243 instansi pemerintah yang belum mencapai kategori baik penerapan sistem merit. Oleh karena itu, berbagai percepatan telah dilakukan oleh KASN, seperti menginisiasi Community of Practice (CoP) Sistem Merit dan pendirian laboratorium sistem merit di Kabupaten Gunungkidul serta Nias,” tambah Agus.

Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat baik dan sangat baik implementasi sistem merit.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan sukses bagi 174 instansi pemerintah baik kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah yang telah ditetapkan KASN untuk mendapatkan penghargaan sistem merit dengan predikat sangat baik dan baik. Mudah-mudahan teman-teman yang mendapatkan predikat baik dan sangat baik akan menularkan kepada pemda dan instansi atau lembaga yang penilaiannya masih buruk atau kurang baik dan seterusnya,” pungkas Anas.

Diketahui, Penghargaan yang diraih oleh Pemkab Bolmut ini dalam penetapan nilai Sistem Merit 2022 adalah 263,5 Kategori Baik.