Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Dinas PP dan KB Siap Sukseskan Dua Program BKKBN

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kotamobagu, siap menyukseskan dua program nasional Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat di tahun 2021 ini. Dua program prioritas tersebut, yakni pembinaan ideologi Pancasila, serta meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing dan revolusi mental.

Kepala Dinas PP dan KB Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, Rabu (20/1/2021) mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan program Nasional BKKBN, sebab itu sudah menjadi tangung jawab instansi yang ada di Kabupaten atau Kota.

“Nah, dengan penekanan pada penguatan koordinasi, kolaborasi dan sinkronisasi antara Kementerian, Lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, masuk pada kegiatan prioritas pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, dalam peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dengan cara penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan peningkatan upaya promotif dan preventif yang didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi.

“Kemudian masuk di dalam kegiatan prioritas peningkatan kesehatan ibu anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi,” ujar Yani.

Sedangkan dalam prioritas nasional revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila, lanjut Yani, dengan cara penekanan pada upaya memperkukuh ketahanan budaya bangsa untuk membentuk mentalitas bangsa yang maju, moderen dan berkarakter.

“Dinas PP dan KB masuk dalam kegiatan prioritas revolusi mental dalam sistem sosial yang fokus pada penguatan ketahanan keluarga,” ujarnya.

Meski begitu, mantan kepala Diskominfo Kotamobagu ini, menegaskan, akan tetap memperhatikan program-program yang ada di Kotamobagu, yang juga menjujung visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu.

“Tahun ini kita mengadakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan, dalam rangka pelaksanaan pengendalian penduduk dan pelaksanaan program keluarga berencana. Mudah-mudahan, Dinas PP dan KB bisa menunjang pencapaian, serta bisa menunjang prioritas nasional,” tutupnya.