Banner Before Header
Banner

Anggota Linmas Dilatih Jinakan Api

0 49

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), melakukan penyuluhan pencegahan bencana kebakaran, di depan Kantor Satpol-PP Kotamobagu, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten III, Adnan Massinae, diikuti oleh sekira 90 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan unsur aparat di 18 kelurahan se-Kotamobagu.

Kepala Satpol-PP Kotamobagu, Sahaya Mokoginta, melalui Sekretaris Pol-PP Damkar, Adrianus Manoppo, mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengajarkan kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan atau penanggulangan bencana kebakaran.

“Supaya kita bisa mengetahui apa sumber-sumber penyebab dari kebakaran. Kalaupun ada yang terjadi kebarakan, disini diajarkan bagaimana caranya mengantisipasi atau menanggulangi efek dari bencana kebakaran,” ujarnya.

Dia berharap, peserta yang ikut dalam kegiatan ini mengerti dan memahami materi, yang diberikan dan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat di lingkunganya, tentang tata cara penggunaan alat, serta penanggulangan bencana kebakaran.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, perwakilan dari tiap kelurahan ini, dapat menyampaikan kepada masyarakat, tentang penggunaan atau penanggulanangan bencana kebakaran, terutama untuk kelurahan yang ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Dia juga mengatkan, selain pemberian teori tadi juga pihaknya melakukan praktek langsung, mengajarkan kepada perserta cara penanggulangan kebakaran menggunakan alat dan bahan yang telah disiapkan oleh panitia.

“Untuk tahun ini kebakaran di Kotamobagu relatif menurun. Kebakaran pada umumnya yang terjadi di Kotamobagu itu, disebabkan karena adanya arus pendek listrik. Sehingga disini kami mengimbau, untuk perumahan atau perkantoran, yang instalasi listriknya sudah melebihi diatas seputuh tahun, untuk segera memeriksa atau mengecek kembali kabel aliran listriknya, kalau perlu kabelnya diganti dengan yang baru untuk mencegah terjadinya arus pendek yang mengakibatkan terjadinya kebakaran,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.