Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PSMTI

TAJUK PADANGSIDIMPUAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Padangsidimpuan, H. Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes, menghadiri Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Padangsidimpuan periode 2023-2027, yang berlangsung di Aula Emerald Hall Hotel Mega Permata Kota Padangsidimpuan, Minggu (3/12/2023).

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota H Letnan Dalimunthe mengucapkan selamat kepada Pengurus PSMTI Kota Padangsidimpuan yang diketuai oleh Alvian Laismana. Dia menekankan, pengukuhan ini merupakan momentum penting untuk memperkuat persaudaraan, solidaritas, dan gotong royong di antara warga masyarakat Kota Padangsidimpuan.

“Keberadaan Paguyuban ini bukan hanya sebagai wadah bagi masyarakat Tionghoa, tetapi juga sebagai bagian dari organisasi sosial yang mampu mengintegrasikan keberagaman budaya, suku, dan agama. Hal ini diharapkan dapat menciptakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan di tengah masyarakat,” ujar Wali Kota.

Alvian Laismana, yang terpilih sebagai Ketua PSMTI Kota Padangsidimpuan, mengatakan, suku Tionghoa harus mampu menciptakan suasana kehidupan bermasyarakat yang harmonis dengan suku-suku lain di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kota Padangsidimpuan.

“Kita semua sepakat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati yang tidak bisa ditolak dan digoyahkan oleh apapun dengan sikap ini kita akan saling memperkuat kerja sama dan sinergi membangun Indonesia khususnya Kota Padangsidimpuan dalam segala aspek kehidupan,” ujar Alvian.

Dalam konteks ini, Alvian menekankan pentingnya kesatuan bangsa Indonesia di tengah perbedaan ras, suku, dan agama.

“Semua ini bukanlah pilihan tetapi keharusan karena bagi suku Tionghoa Indonesia berkarya bagi bangsa adalah kewajiban yang harus dipenuhi, dalam mandarin ada suatu pepatah mengatakan setia kepada pemimpin dan mencintai negara ialah filsafat yang memegang teguh di dalam berbakti pada tanah air, bangsa dan negara kita Indonesia,” tambah Alvian

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Siwan Siswanto, SH,MM, yang menyampaikan semangat gotong royong dan kerjasama sebagai landasan kokoh membangun kekuatan bersama. Ia menegaskan tanggung jawab besar Pengurus PSMTI untuk menjadi agen perubahan positif dalam pembangunan Kota Padangsidimpuan.

Sementara itu, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP. Dudung Setyawan, SH, SIK, MH, juga turut memberikan apresiasi terhadap kontribusi masyarakat Tionghoa dalam pembangunan dan ekonomi Kota Padangsidimpuan.

Kapolres berharap kepengurusan baru PSMTI dapat membangun sinergitas yang kuat untuk membantu Pemerintah Kota membawa Kota Padangsidimpuan menuju masa depan yang lebih baik.

Dalam mengakhiri sambutannya, Kapolres Dudung Setyawan mengajak semua pihak untuk tetap berkomitmen memelihara kerukunan, kesatuan, dan keberagaman di tengah masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjaga keharmonisan Kota Padangsidimpuan dan terus berupaya untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan,” ujar Kapolres.(Stevenson)