DPRD Kota Kotamobagu Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

KPU Ajak Masyarakat Kotamobagu Sukseskan Tahapan Coklit

TAJUK KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, mengajak seluruh masyarakat agar menerima Petugas Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih), dalam melakukan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu Tahun 2024.

“Kami mengajak seluruh warga Kota Kotamobagu, untuk mari bersama sukseskan tahapan Coklit ini. Nanti ada Pantarlih yang datang ke rumah-rumah, mereka ini yang menjadi ujung tombak KPU dalam menyusun daftar pemilih untuk Pemilu 2024,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Zulkifli Kadengkang, Minggu (12/2/2023).

Menurutnya, tahapan coklit tersebut sangat penting dalam rangka memastikan jumlah daftar pemilih yang akurat dan mutakhir, guna menjamin hak konstitusi setiap warga negara yang memenuhi persyaratan untuk menyalurkan hak pilih pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Tentunya data pemilih yang akurat dan mutakhir menjadi salah satu bagian penting untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas,” ujar Kifli sapaan akrabnya

Terkait hal ini, dia pun berharap  masyarakat dapat turut serta menyukseskan tahapan ini dengan memberikan data yang benar untuk mempermudah Pantarlih, dengan memberikan dokumen yang diminta untuk kemudian dicocokan dan diteliti kesesuaian datanya. Dokumen yang disiapkan pemilih yakni KTP-el dan kartu keluarga (KK) terbaru.

“Pantarlih yang bertugas menggunakan atribut khusus berupa tanda pengenal, rompi dan juga topi. Mereka akan melakukan coklit data pemilih ini datang ke rumah warga satu per satu sejak tanggal 12 Februari 2023 sampai 14 Maret 2023 untuk mendapatkan data pemilih yang akurat dan mutakhir,” tambahnya.

Lebih jauh, Zulkifli pun meminta Pantarlih, agar dalam melaksanakan tugas harus selalu mempedomani aturan dan tata cara coklit yang telah disampaikan dalam bimbingan teknis demi suksesnya Pemilu yang Luber dan Jurdil.

Untuk diketahui, KPU Kota Kotamobagu melalui PPS telah melantik sebanyak 350 Pantarlih secara serentak di 33 desa dan kelurahan se-Kota Kotamobagu.