Capaian PBB-P2 Lolak, Passi Barat, dan Dumoga Timur di Bawah 50 Persen

TAJUK BOLMONG – Memasuki akhir tahun anggaran 2022, capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan (P2), di Kabupaten Bolaang Mongondow masih jauh dari harapan.

Berdasarkan data, realisasi PBB-P2 hingga Selasa (6/12) lalu, baru dua kecamatan yang capai target yakni Kecamatan Dumoga dan Dumoga Utara. Kemudian ada 5 kecamatan yang sudah merealisasikan PBB-P2 diatas 70 persen yakni Bilalang, Bolaang Timur, Bolaang, Poigar dan Sangtombolang.

“Dua kecamatan capai target dan 5 lainnya sudah diatas 70 persen,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Ria Rafika Manoppo SIP.

Menariknya, walaupun tutup buku tahun 2022 tinggal menghitung hari masih ada 3 kecamatan yang realisasinya masih di bawah 50 persen. Yakni Kecamatan Lolak, Passi Barat dan Dumoga Timur.

“Tiap hari realisasi PBB bertambah. Mudah-mudahan hingga tutup buku nanti yakni 30 Desember 2022 semua kecamatan sudah capai target,” jelas Ria.

Asisten I Bolmong Deker Rompas SE MM menginstruksikan kepada para camat untuk mengevaluasi para sangadi tentang capaian PBB-P2. Dia juga mengimbau kepada para sangadi untuk memaksimalkan penagihan PBB-P2 kepada para wajib pajak.

“Jadi kita harus memaksimalkan sisa waktu berjalan ini untuk penagihan PBB. Pajak adalah kewajiban setiap warga negara. Sebab PBB ini juga akan dikembalikan kepada masyarakat untuk pembangunan maupun program kesejahteraan,” ujar Deker.