Polda Aceh Temukan Pasien RSJ Mirip Asep

POLDA Aceh melakukan pengecekan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) setelah mengetahui adanya pasien yang diduga mirip Bharaka Zainal Abidin alias Asep, yang hilang saat tsunami tahun 2004.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy, seperti dilansir detik Kamis (18/3/2021) mengatakan, usai mendapatkan informasi melalui video yang viral, personel Polda Aceh diperintahkan melakukan pengecekan ke RSJ.

“Info adanya pasien RSJ yang diduga personel Polri tersebut berawal dari informasi yang beredar melalui pesan di grup WhatsApp personel Polri,” ujarnya.

Dalam video yang viral, seorang polisi berbicara di samping pasien yang biasa disapa Pak Zainal itu.

Winardy menyebut, dari penelusuran, polisi mengetahui Pak Zainal dirawat di RSJ sejak 2009. Dia dibawa dari Desa Fajar, Kecamatan Sampoinet, Aceh Jaya, oleh kepala desa.

“Pihak RSJ sempat mengantar kembali dia ke sana tapi warga setempat tidak mau menerimanya, sehingga dibawa kembali ke RSJ Banda Aceh,” jelas Winardy.

Polisi belum dapat memastikan itu Asep atau bukan. Menurut Winardy, Asep merupakan personel BKO dari Resimen I Kedung Halang Bogor saat konflik Aceh berkecamuk.

“Dia dinyatakan hilang pada saat gempa bumi dan tsunami pada tahun 2004 lalu,” ujarnya.

Polisi akan melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan kesatuan asal untuk memastikan apakah itu Asep yang hilang saat tsunami.

“Pasien ini akan dilakukan tes DNA, sidik jari, dan pengenalan tanda lahir lainnya,” kata Winardy.