GPM Kota Padangsidimpuan Stabilkan Harga dan Pasokan Jelang Tahun Baru

TAJUK PADANGSIDIMPUAN – Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sibolga, melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, yang berlangsung mulai tanggal 27 hingga 28 Desember 2023, dimulai pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Padangsidimpuan, Ir. Chairun Nisa Daulay, MM, Kamis (28/12/2023) menjelaskan, GPM ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan serta sebagai antisipasi terhadap potensi kenaikan inflasi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Padangsidimpuan.

“Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat mempunyai akses lebih luas untuk ketersediaan dan stabilisasi bahan pangan menjelang tahun baru,” ujar Chairun Nisa Daulay.

Penjabat Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, menekankan pentingnya pemantauan harga-harga setiap Jumat di pasar Kota Padangsidimpuan untuk mengantisipasi fluktuasi harga. Dia juga berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan agar terus berkoordinasi demi menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan selama Natal dan Tahun Baru.

“Saya harap Dinas Ketahanan Pangan terus berkoordinasi dan memantau pasokan dan harga bahan pangan di Kota Padangsidimpuan selama Natal dan Tahun Baru agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi,” tambah Dr. H. Letnan Dalimunthe.

Adapun komoditi yang dijual dalam GPM ini meliputi beras seharga Rp. 53.000 per sak, minyak goreng Rp. 13.500 per liter, bawang putih Rp. 34.000 per kilogram, gula pasir Rp. 15.500 per kilogram, telur Rp. 44.000 per papan, dan tepung Rp. 7.500 per kilogram. Semua ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses pangan bagi masyarakat sekaligus mendukung stabilitas harga dan pasokan di Kota Padangsidimpuan menjelang tahun baru.(Steven)