Bupati Bolsel Iskandar Kamaru Buka Bimtek BPD

TAJUK BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Ballroom Hotel Aryaduta, Manado, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolsel mengangkat tema “Peran Partisipatif BPD menuju Indonesia Emas 2045”.

Bimtek ini dilaksanakan dalam dua sesi, di mana sesi pertama diikuti oleh Anggota BPD dari Kecamatan Posigadan, Tomini, dan Bolaang Uki, berlangsung selama tiga hari.

Sedangkan sesi kedua diikuti oleh anggota BPD dari Kecamatan Helumo, Pinolosian, Pinolosian Tengah, dan Pinolosian Timur, dengan estimasi waktu pelaksanaan yang sama.

Dalam sambutannya, Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, menyampaikan, anggota BPD memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai wakil rakyat di tingkat Desa. Dia menekankan pentingnya bagi anggota BPD untuk memahami dan menguasai Tupoksi BPD.

“Bapak ibu adalah representatif dari masyarakat dan juga mitra Pemerintah Desa, maka sudah wajibnya bapak ibu harus menguasai Tupoksi BPD,” ujar Bupati.

Menyikapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dia juga mengimbau agar jajaran Pemerintahan Desa, khususnya anggota BPD, tetap bersikap netral.

“Bapak ibu Sangadi, Perangkat Desa, dan BPD, mari kita sukseskan Pemilu di tahun 2024. Namun, saya berharap bapak ibu tidak terlibat dalam politik praktis, apalagi berfoto dengan mengangkat simbol angka, misalnya berfoto dengan mengangkat jari. Yang bisa bapak ibu lakukan pada saat berfoto hanyalah mengepalkan tangan atau tangan diletakkan di dada,” imbau Kamaru.

Dia juga memberikan dukungan kepada seluruh peserta Bimtek agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik.

“Semua materi tentang Tupoksi BPD akan bapak ibu terima dalam Bimtek ini. Tetap semangat dan ikuti semua materi yang akan diberikan oleh pemateri,” tutupnya.

Turut hadir, Sekda Bolsel, Marzanzius M. Ohhy, S.STP., M.AP, Kacabjari, Kadis PMD, Para Camat, dan Para Sangadi se-Kecamatan Posigadan, Tomini, dan Bolaang Uki.(RD)