Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Dinkes Kotamobagu Luncurkan Inovasi Kabela Cegah DBD

TAJUK KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, meluncurkan inovasi baru bernama Kabela, sebagai bagian dari upaya pencegahan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kotamobagu.

Peluncuran inovasi Kabela ini dilaksanakan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 59 Pemkot Kotamobagu, bertempat di lapangan Bonobokon kelurahan Molinow, kecamatan kotamobagu Barat, Kamis (23/11/2023).

Inovasi Kabela dikenal sebagai gerakan “Ba Pake Lotion,” yang memiliki tujuan utama mencegah penyebaran DBD yang semakin meningkat.

Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, menjelaskan, gerakan ini merupakan bagian dari strategi pemerintah kota untuk mengatasi peningkatan kasus DBD.

“Kasus DBD di Kotamobagu semakin meningkat, maka perlu dilakukan berbagai gerakan pemberantasan, salah satunya melalui gerakan memakai lotion anti nyamuk ini,” ungkap Sofyan.

Inovasi Kabela diharapkan mampu memberikan perlindungan lebih efektif terhadap nyamuk penyebab DBD. Gerakan ini menjadi langkah preventif yang mudah diadopsi oleh masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan diri dari serangan nyamuk.

Dengan diluncurkannya gerakan “Ba Pake Lotion,” Dinas Kesehatan Kotamobagu berharap dapat mengurangi jumlah kasus DBD dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Inovasi ini menjadi bagian integral dari upaya Pemerintah Kota dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari risiko penyakit menular.(YA)