Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kotamobagu Dorong Tenaga Laboratorium yang Kompeten

TAJUK KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu, terus meningkatkan kualitas tenaga laboratorium yang ada di dua Puskesmas di Kotamobagu, agar semakin profesional dalam pelayanan kesehatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Kotamobagu melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Lindawati Hassan, Rabu (30/8/2023).

“Kami sudah melaksanakan kegiatan orientasi penyelenggaraan laboratorium kesehatan masyarakat selama dua hari dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas tenaga laboratorium di puskesmas, dan dalam penyelenggaraan laboratorium kesehatan masyarakat tingkat satu yang sesuai standar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, materi-materi yang diajarkan pada pelatihan itu, lebih menekankan pada pengenalan fasilitas laboratorium kesehatan masyarakat tingkat satu, persyaratan yang harus dipenuhi, peran tenaga medis, pelayanan di laboratorium, dan semua aspek terkait dengan laboratorium kesehatan.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan pengetahuan akan meningkat, dan ini bisa memotivasi kelima puskesmas di Kotamobagu untuk memiliki tenaga laboratorium yang berkualifikasi, kompeten, serta kelima puskesmas tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium kesehatan. Saat ini, hanya Puskesmas Gogagoman dan Puskesmas Motoboi Kecil yang sudah memiliki fasilitas laboratorium,” tutupnya.