Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Wali Kota Tatong Bara Serahkan Uang Saku CJH

TAJUK KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara menyerahkan tali kasih berupa uang saku kepada 115 Calon Jamaah Haji (CJH) Kotamobagu, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota, Senin (12/6/2023).

“Mudah-mudahan sedikit bantuan dari pemerintah daerah ini bisa membantu bapak-ibu jamaah sekalian. Jangan dilihat dari nilainya, tapi lihatlah dari keikhlasan pemerintah,” ucap Tatong saat menyerahkan tali kasih secara simbolis kepada perwakilan CJH Kota Kotamobagu.

Wali Kota menitipkan pesan bagi CJH Kota Kotamobagu agar menjaga kekompakan dan kebersamaan selama pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

“Saya titip jaga kekompakan, jaga nama baik daerah dan jaga rukun ibadahnya. Ikuti seluruh tuntunan ibadah dan saya titip bagi JCH yang masih muda tolong lihat JCH yang lansia agar bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah,” harap Tatong.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato, juga berharap, bantuan uang saku dari pemerintah daerah tersebut, sedikitnya dapat membantu para CJH Kota Kotamobagu.

“Jangan dilihat dari nilainya, tapi lihatlah dari keikhlasannya,” harap Lamato, saat menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut Lamato menyebutkan, jumlah CJH Kota Kotamobagu pada tahun ini sebanyak 115 orang, terdiri dari 72 jamaah perempuan dan 43 jamaah laki-laki.

“Adapun jamaah tertua usia 84 tahun atas nama Khotimah binti Sodiq dan termuda Awaluddin Siking binti Muhammad Idris usia 25 tahun,” sebutnya.

Dia juga mengatakan, sebagaimana tagline haji tahun 2023 yakni Haji Ramah  Lansia atau lanjut usia, maka pemberangkatan haji pada tahun ini didominasi jamaah lansia.

“Dari 115 jamaah haji, ada 76 usia di atas 65 tahun. Itu artinya separuh dari total jamaah haji kita para lansia, sehingga seluruh tahapan pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji tahun ini selalu mempertimbangkan para lansia. Dimana, setelah tiba di asrama haji Manado, mereka akan istirahat sehari sebelum diberangkatkan ke embarkasi di Balikpapan, begitu pun saat di Balikpapan masih akan istirahat sehari sebelum bertolak ke Jeddah,” tutupnya.