Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Disdukcapil Kotamobagu Ajak Masyarakat Aktivasi IKD

TAJUK KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu Roy Paputungan, mengajak masyarakat untuk melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Senin (29/5/2023).

Menurut Roy, IKD memuat KTP-el yang berbentuk digital, yakni informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

“Dasar hukumnya adalah Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko KTP elektronik serta penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital,” ujar Roy.

Dia juga mengatakan, dengan mengakses IKD akan lebih memudahkan pelayanan yang berhubungan dengan identitas kependudukan.

“Aplikasinya bisa di unduh melalui playstore. Namun sebelum mendaftar, persiapkan dulu beberapa hal diantaranya ponsel dengan akses internet, nomor induk kependudukan, alamat email serta nomor ponsel aktif,” tutupnya.