Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Manajemen RSUD Kotamobagu Terima Kunjungan Dirjen Perbendaharaan Sulut

TAJUK KOTAMOBAGU – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu menerima kunjungan kerja Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Utara, yang berlangsung sejak 8 sampai dengan 9 Maret 2023.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kota Kotamobagu Fernando M. Mongkau, S.Kep, M.Kes, kunjungan tersebut dalam rangka sharing session terkait asistensi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tahun 2023.

“Berkembang dalam pertemuan, seputar apa-apa yang menjadi kendala di BLUD dari tahun 2022 sampai dengan triwulan pertama tahun 2023. Baik dari sisi kinerja, laporan keuangan, penyajian laporan keuangan hingga layanan BLUD baik sebelum maupun sesudah APBD,” ungkap Fernando, Jumat (10/3/2023).

Menurut Fernando, dengan status BLUD saat ini, pelayanan di RSUD Kota Kotamobagu makin fleksibel. Dimana, dengan adanya BLUD, kunjungan di RSUD semakin meningkat dan layanan lebih cepat.

“Sebelumnya mengandalkan APBD masih harus melalui sejumlah proses, mulai dari pergeseran maupun perubahan, tapi ketika BLUD tentunya kami sudah bisa me-management sendiri penganggaran untuk program kegiatan artinya sudah mandiri, namun tetap diawasi dewan pengawas,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, dalam program dan kegiatan tahun 2023 ini, pihaknya ditopang alokasi anggaran total sebesar Rp17,9 miliar.

“Terdiri dari APBD sebesar Rp13 miliar dan Rp4,9 miliar dari Dana Alokasi Khusus atau DAK serta ditambah sumber anggaran dari RSUD sendiri,” tutupnya.