Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Bolmut Gelar Bimtek Keamanan Pangan

TAJUK BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi kader keamanan pangan desa lokus stunting, di Coconut Beach, Kawasan Pantai Batu Pinagut, Kamis (8/12/2022).

“Mudah-mudahan pertemuan ini akan mencapai sasaran, dan hasil yang diharapkan dalam rangka menunjang kebutuhan pembangunan di Kabupaten Bolmut serta memberikan manfaat nyata dalam optimalisasi tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada kita masing-masing,” ujar Depri Pontoh dalam sambutannya.

Dia juga mengatakan, menjadi tanggung jawab bersama dalam mengintervensi keamanan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Tujuannya untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang.

“Baik di tingkat nasional maupun daerah, termasuk pedesaan, hingga perseorangan secara merata. Terdapat tiga program prioritas nasional untuk meningkatkan kesadaran terhadap keamanan. Pertama, gerakan keamanan pangan desa. Kedua, pasar aman dari bahan berbahaya. Ketiga, pangan jajanan anak sekolah,” tambahnya.

Untuk itu, ada beberapa perangkat daerah teknis dan unsur pemerintah desa yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Nantinya, mereka akan dibekali materi dan penjelasan serta diminta dukungan dan komitmen terkait dengan program keamanan pangan yang merupakan rangkaian kegiatan prioritas nasional.

“Saya mengajak kita sekalian khususnya para kader keamanan pangan desa untuk mendukung dan mensukseskan program keamanan pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan bagi kader keamanan desa yang menjadi lokus stunting agar dapat berdaya, berpartisipasi, dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di desanya masing-masing,” pungkasnya.