Jelang Natal dan Tahun Baru Polda Sulut Menggelar Latpraops

Tajuk.News, MANADO – Jelang Operasi Lilin Samrat 2021 di Sulawesi Utara (Sulut), Polda Sulut menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) yang dibuka langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, di aula Tribrata, Kamis (16/12/2021).

Latpraops juga dihadiri oleh para PJU Polda, para Kabag Ops dan Kasat Lantas jajaran, serta diikuti secara virtual oleh Polres jajaran melalui sarana vicon.

Menurut Kapolda Irjen Pol Mulyatno, untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak bagi satker/satwil yang akan melaksanakan kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polri yang bertugas dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini lanjutnya, mobilitas masyarakat baik di bidang perdagangan, transportasi dan pembangunan serta pelayanan jasa akan semakin meningkat.

“Hal ini tentunya dapat menjadi peluang bahkan kesempatan bagi para kriminal untuk melakukan aksi-aksinya dan berpotensi meningkatnya angka kecelakaan baik melalui transportasi darat, laut serta udara serta mudahnya penyebaran covid-19 yang dapat menyebabkan muncul klaster-klaster baru,” ujar Irjen Pol Mulyatno didampingi Karo Ops Kombes Pol W. Wirawan.

Hal lain yang juga patut diperhatikan bersama katanya, adalah situasi iklim saat ini yang sudah berada pada musim hujan berangin, yang berpotensi menimbulkan peluang terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor, gelombang tinggi dan musibah lainnya.

“Kita sebagai aparat negara perlu bekerja ekstra dalam menjalankan tugas sehingga perasaan aman dan nyaman serta bebas dari penyebaran covid-19 dalam perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 boleh dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Kepada seluruh perseonel yang melaksanakan tugas, Kapolda Irjen Pol Mulyatno berharap dapat melaksanakan tugas dengan profesional dan proporsional serta menjunjung tinggi HAM, hindari arogansi personel dan selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.