Banner Before Header
Banner

Anak-anak Korban Kebakaran Diberikan Pendampingan Trauma Healing

0 86

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, memberikan pendampingan trauma healing kepada anak-anak korban kebakaran rumah di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur beberapa waktu lalu.

Kepala DP3A Kotamobagu, melalui Kabid Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak, Novalia Djaman, Senin (23/8/2021) mengatakan, selain pendampingan trauma healing, pihaknya juga menyerahkan paket bantuan berupa alat tulis menulis, makanan ringan serta masker kepada anak-anak yang terkena dampak bencana kebakaran.

“Untuk pendampingan trauma healing, dilakukan assessment kepada anak-anak korban bencana oleh psikolog klinis anak serta pekerja sosial yang tergabung pada UPTD PPA Kotamobagu, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak pasca kebakaran. Intinya bagaimana anak-anak tidak trauma lagi,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, adapun trauma healing sendiri dilakukan dengan tujuan untuk proses penyembuhan setelah trauma, yang dilakukan agar seseorang bisa terus melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang peristiwa yang terjadi.

“Dalam kegiatan ini kami menggandeng UPTD PPA serta Forum Anak Daerah (FAD) Kotamobagu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PPA Kotamobagu, Susilawaty Gilalom, menambahkan, bahwa trauma healing ini tidak hanya dikhususkan bagi anak-anak korban kebakaran rumah, melainkan juga dilakukan bagi anak-anak tetangga di sekitar lokasi kebakaran.

“Kami dari UPTD PPA melakukan asessment sampai dimana tingkat trauma anak, sekaligus menghibur, mengajak belajar dan bermain dengan anak-anak untuk bisa menghilangkan rasa trauma mereka. Akan ada kunjungan berikutnya, guna melihat apakah masih ada anak-anak yang terdampak trauma berat akibat peristiwa ini,” ujar Susilawaty.

Leave A Reply

Your email address will not be published.