Banner Before Header
Banner

Wali Kota Tatong Bara Hadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 14 Kota Kotamobagu

0 166

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, Senin (24/5/2021) pagi, menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu, dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 14 Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, Kota Kotamobagu dalam perjalannya selama 14 tahun terakhir, terus mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat.

“Perkembangan, Kemajuan, serta Pencapaian di Kota Kotamobagu dalam 14 Tahun terakhir ini, telah menjadikan Kota Kotamobagu sebagai salah satu daerah otonom baru yang saat ini, terus berkembang dan maju,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Kotamobagu juga mengatakan, peningkatan dan perkembangan kota kotamobagu, juga dapat terlihat berdasarkan data – data capaian pertumbuhan ekonomi di daerah ini, dimana hal tersebut dapat dilihat dari besaran Produk  Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku, pada tahun 2020, yang tercatat pada angka Rp. 29.012.000,- , dan untuk Produk Domestik  Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan, tercatat pada angka Rp. 18.344.000,.

“Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu juga berhasil menurunkan Tingkat Kemiskinan di daerah ini, dimana berdasarkan data terakhir dari  Badan Pusat Statistik Kota Kotamobagu, tingkat kemiskinan Kota Kotamobagu mengalami penurunan dari Tahun 2019 yang tercatat 5,71 persen, menjadi 5,42 persen pada Tahun 2020,” tambah Wali Kota.

Wali Kota juga menambahkan, terus meningkatnya kualitas hidup dan kesehatan di Kota Kotamobagu, juga dapat dilihat dari besaran Angka Harapan Hidup yang mencapai angka 70,47, atau mengalami kenaikan dari target sebesar 69,75,. sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kota Kotamobagu berada pada angka 72.97, atau mengalami kenaikan dari  target 72,1.

“Demikian juga, meskipun saat ini kita semua tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda dunia secara global, serta ikut menghantam berbagai sendi perekonomian masyarakat, namun, kota kotamobagu masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang positif, yakni pada angka 0,20,” tambah Wali Kota.

Semua prestasi, capaian, dan keberhasilan ini, lanjut Wali Kota, tentunya bukanlah hasil perjuangan dari pemerintah daerah kota Kotamobagu semata, akan tetapi juga merupakan hasil dari Sinergitas, dan dukungan penuh dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly. Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven. O.E. Kandouw, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan dan anggota DPRD Kota Kotamobagu, Forkopimda Kota Kotamobagu, serta seluruh elemen masyarakat yang terus bekerja keras dan memberikan dukungan dalam menyukseskan program dan kegiatan pembangunan di Kota Kotamobagu.

“Melalui kesempatan ini, saya atas nama pribadi, pemerintah daerah, dan bahkan atas nama seluruh masyarakat kota kotamobagu, ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya,  serta ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada  semua pihak yang terus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah kota kotamobagu dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan di Kota Kotamobagu,” tutup Wali Kota.

Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan HUT ke – 14 Kota Kotamobagu yang dipimpin Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag, ST tersebut, juga dihadiri Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, S. Sos, para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, serta para undangan dari Kabupaten / Kota di Provinsi Sulawesi Utara. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.