Bupati Asahan Hadiri Pesta Adat Hari Rayo Moncak di Silau Laut

TAJUK ASAHAN – Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten, H Buwono Prawana S.IP.,M.Si menghadiri Pesta Adat Syekh Silau Laut yakni Hari Rayo Moncak di Kecamatan Silahkan Laut, Sabtu (27/04/2024).

Pada acara tersebut juga tampak dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Pj. Bupati Batubara, Danlanal Tanjungbalai-Asahan, Kapolsek Air Joman, para pendekar pencak silat se-Sumatera Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainya.

Acara tersebut di awali dengan atraksi pecat silat dari bagai perguruan se-Sumatera utara.

Ketua Pemangku Adat, H Ibrahim Ali dalam sambutannya menceritakan sejarah Syekh Silau Laut, sebagai cikal bakal kegiatan pesta adat ini.

“Dulu acara ini di laksanakan setiap 3 hari setelah hari raya idul fitri tapi kali ini kita rayakan pada hari ke 16, pada Hari Raya Idul Fitri. Mudah-mudahan kedepannya akan bisa kita laksanakan lebih awal, ” harapnya.

Ia juga mengucapkan minal aidzin walfaijin mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Silau Laut untuk menjunjung tinggi adat dan pantangan yang sudah menjadi ketentuan adat yang harus di laksanakan oleh seluruh masyarakat.

“Hal yang menjadi pantangan adat itu antara lain, maen perempuan, minuman keras, dan berjudi, ayo bersama kita jauhi apa yang sudah di larang oleh adat dan oleh Allah SWT tersebut, ” ujarnya.

Sementara Bupati Asahan dalam sambutan nya yang di wakilkan oleh  Buwono Prawana, mengajak kepada masyarakat untuk terus mengembangkan dan menjaga adat budaya sebagai upaya melestarikan adat dan seni budaya.

Pelestarian adat dan seni budaya, merupakan upaya dan melindungi akses bangsa, agar seluruh masyarakat mendukung, upaya pembangunan yang lebih berbudaya, karena budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan, dan memupuk jati diri bangsa.

“Kegiatan pesta adat Syekh Silau Laut ini, merupakan bentuk pelestarian adat dan budaya yang lebih berkualitas, ” paparnya.(Dicky)