Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Bupati Boltim Presentasikan Usulan Pembuatan Tanggul Sungai ke BWS Sulawesi I KemenPUPR

TAJUK BOLTIM – Bupati Boloaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si, mengunjungi Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Kementerian PUPR di Manado, Senin (6/6/2022). Dalam kunjungannya, Bupati mempresentasikan usulan pembuatan tanggul sungai yang ada di Kabupaten Boltim. Diantaranya, tanggul sungai Molobog, sungai Motongkad, sungai Kotabunan Bulawan, serta Sungai Buyat.

Bupati berharap adanya perhatian dari Balai Sungai. Dimana, dampak banjir yang ditimbulkan sungai-sungai di Boltim sudah mengancam jiwa masyarakat.

“Kami mengharapkan kiranya ada langka dan upaya dari pihak Balai dan Kementerian untuk menangani hal ini dan usulan pembuatan tanggul sungai yang disampaikan bisa direalisasikan,” harap Bupati.

Kunjungan Bupati Boltim tersebut disambut baik Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I, Ir I Komang Sudana MT.

Menurut I Komang Sudana, terkait usulan pembuatan tanggul sungai yang disampaikan, untuk Sungai Motongkad sudah dalam proses perbaikan, selain itu usulan lalu Balai Sungai juga telah memberikan bantuan kawat bronjong.

“Sementara untuk sungai-sungai lain nantinya akan ditindak lanjuti dengan pengecekan langsung ke lapangan. Balai ada anggaran pemeliharaan, akan tapi bisa juga lewat dana bencana. Nanti setelah pengecekan akan melaporkan langsung ke Direktur,” ungkap Kepala BWS.

Turut hadir dalam pertemuan, Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir, Kadis PUPR Boltim Haris Sumantha ST, Kabag Umum Setdakab Boltim Abdal Mamonto beserta jajaran terkait.

Diketahui, usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sungai yang disampaikan Pemkab Boltim merupakan kewenangan dari BWS Sulawesi I Dirjen SDA, Kementerian PUPR Republik Indonesia.(Yusuf/Advetorial)