Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Bolmut Laksanakan Koordinasi Lintas Sektor Guna Rembuk Stunting

TAJUK BOLMUT – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)  Drs. Hi. Amin Lasena, MAP membuka secara Resmi Kegiatan Koordinasi, Konvergensi Lintas sektor dalam penanggulangan dan pencegahan Stunting (Rembuk Stunting) di Kabupaten Bolmut Tahun 2023, Kamis (25/5/2023).

Ucapan terimakasih di sampaikan Wakil Bupati Bolaang mongondow utara Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, atas prestasi yang telah di raih pada tiga tahun berturut – turut menjadikan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai kabupaten terbaik dalam penanggulangan stunting di Provinsi Sulawesi Utara.

“Penurunan stunting harus di lakukan dengan memperkuat koordinasi lintas sektor dan di perlukan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah untuk memastikan program penurunan stuntunting dapat di rencanakan dan di anggarkan,” ucapnya.

Lasena juga menambahkan Pelaksanaan intervensi penurunan stunting merupakan program pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota sebagai upaya dalam rangka mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh pada anak.

Sebagai wujud komitmen dari pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam upaya untuk memutus mata rantai siklus kemiskinan gizi dan kekerdilan di daerah ini, maka di laksanakanlah Rembuk stunting, di mana pelaksanaan kegiatan ini merupakan tahapan aksi ke-3 dari 8 aksi konvergensi penurunan stunting di kabupaten bolaang mongondow utara.

“Di mana pada aksi pertama telah menentukan dan menyepakati lokus desa-desa yang nantinya sebagai fokus dalam upaya penanggulangan stunting Tahun 2021, sedangkan untuk aksi ke dua telah menyepakati bersama program, kegiatan dan pendataan terhadap desa Lokus,” tutupnya.

Turut hadir Koordinator Regional Wilayah Sulawesi Dirjen Bina Bangda Kemendagri sebagai Narasumber Sam Patoro Larobu, SH, MH, Sekretaris daerah kab.bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS , Pimpinan dan Anggota DPRD kab. Bolmut, Para Asisten, staf khusus Bupati, Pimpinan Satuan kerja perangkat Daerah terkait penanggulangan stunting kab. Bolmut, Bpk/ibu Camat, Kepala puskes se kab. Bolmut, Bpk/ibu sangadi Desa Lokasi khusus Stunting dan Kampung KB berkualitas, Satgas stunting Kabupaten Bolmut.

Yogi