Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Kepala BP2MI Sulut Terima Kunjungan Staf Ahli Pemkot Kotamobagu

TAJUK KOTAMOBAGU – Kepala Balai Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Sulawesi Utara, Hendra Makalalag, menerima kunjungan kerja Staf Ahli Pemkot Kota Kotamobagu di Kantor BP2MI Sulut, Kamis (2/3/2023).

Menurut Hendra, kunjungan Staf Ahli Pemkot Kotamobagu masing-masing Roy Bara dan Refly Mokoginta tersebut, guna melakukan koordinasi terkait anggaran pelatihan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

Hal ini merupakan tindaklanjut penandatanganan MoU antara BP2MI dengan Pemkot Kotamobagu pada 2022 lalu terkait alokasi anggaran untuk biaya pelatihan 20 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Kota Kotamobagu.

Dia juga mengatakan, Program CPMI merupakan amanat Pasal 41 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Kewajiban Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal Penempatan dan Pelindungan CPMI/PMI.

“Kami sangat berterima kasih atas komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dibawah kepemimpinan TBNK karena sudah menganggarkan biaya pelatihan bagi 20 orang CPMI,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, dalam pertemuannya dengan Staf Ahli Pemkot Kotamobagu, juga menyinggung wacana  keterlibatan desa untuk pendidikan dan pelatihan CPMI melalui intervensi APBDes.

“Semoga kedepannya Pelatihan CPMI dapat mengakomodir perwakilan dari seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu. Terlebih dengan adanya Penerbangan langsung Manado – Tokyo yang telah diresmikan Bapak Gubernur Sulawesi Utara tentunya membuka peluang CPMI asal Sulawesi Utara khususnya Kota Kotamobagu untuk dapat bekerja di Jepang secara resmi dengan Program G to G maupun SSW,” tutupnya.