Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Gelar Orientasi Penyusunan Dokumen RKPD 2024

TAJUK KOTAMOBAGU – Asisten I Pemkot Kotamobagu Nasli Paputungan, membuka orientasi penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kotamobagu tahun 2024, Kamis (12/1/2023).

Dalam sambutannya Nasli menyebutkan, tahapan persiapan penyusunan RKPD meliputi pembentukan tim penyusunan RKPD dan penyiapan data dan informasi perencanaan pembangunan berdasarkan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD).

“Orientasi penyusunan RKPD ini bertujuan untuk menyampaikan persepsi atau pemahaman dari semua elemen pemerintahan terhadap arah kebijakan dan prioritas serta target kinerja dalam perencanaan pembangunan pemerintah Kota Kotamobagu tahun 2024,” ujar Nasli.

Dalam penyusunan RKPD ini lanjut Nasli, nantinya Pemkot Kotamobagu akan lebih meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan berdaya saing.

“RKPD Pemkot Kotamobagu tahun 2024 disusun dengan tema meningkatkan sumber pembiayaan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik, demokratis dan berdaya saing,” tambah Nasli.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kotamobagu, Adnan Massinae menambahkan, kegiatan yang diinisiasi pihaknya tersebut untuk pemaparan target yang akan dicapai pada tahun 2024 mendatang.

“Hari ini adalah orientasi untuk memaparkan kepada seluruh SKPD terkait target-target  yang akan dicapai di tahun 2024,” ungkap Adnan.

Dia juga mengatakan, berdasarkan kegiatan yang digelar dengan sejumlah stakeholder, maka diperoleh sebuah kesimpulan.

“Kesimpulannya masih objektif, semoga bisa dicapai, karena kita sudah melihat capaian yang ada di tahun 2018-2022, kita lihat perkembangan semua masih rasional untuk dilakukan sesuai dengan kondisi dan kemampuan daerah,” ujar Adnan.

Dia juga berharap, lewat kegiatan yang digelar, OPD terlibat betul-betul mampu membaca dan memahami untuk penyusunan program kegiatan.

“Harapan kita tentu OPD yang terlibat betul-betul mampu untuk membaca memahami kemudian untuk menyusun program kegiatan yang mendukung pencapaian tadi. Kita targetkan RKPD bisa ditetapkan bulan februari atau maret,” tutup Adnan.