Pimpin Upacara Hari Bela Negara, Sekda Boltim Bacakan Amanat Presiden

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 dirangkaikan Apel Korpri ASN, yang digelar di Kantor Bupati Boltim, Senin (19/12/2022).

Sekretaris Daerah Boltim Sonny Warokka, saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, menyampaikan, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu lanjutnya, sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara harus terus dibangun,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan Bangsa dan Negara.

“Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” tambahnya.

Nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik dilingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Upacara yang dipimpin oleh Sekda Boltim ini turut dihadiri para Asisten, Pimpinan OPD serta ASN di lingkungan Pemkab Boltim.