BSG Bakal Permudah Pengajuan Kredit Khusus Sangadi dan Perangkat Desa di Botim

TAJUK BOLTIM – Kabar gembira bagi para Sangadi (Kepala desa, red) bersama jajaran perangkat desa di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pasalnya, para Sangadi dan perangkat desa akan diberikan kemudahan untuk pengajuan kredit di Bank Sulawesi Utara-Gorontalo (BSG).

Hal ini ditandai penandatanganan kerjasama antara pihak BSG dengan Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si yang berlangsung di Rumah dinasnya, Jumat (2/12/2022).

Pimpinan Cabang BSG Tutuyan, H Tun Emir Sumba SE mengatakan, adapun tujuan pemberian pinjaman kredit tersebut, guna menunjang atau membantu kebutuhan Sangadi dan Perangkat desa.

“Seperti ASN, pemberian kredit bagi sangadi dan perangkat desa ini dilakukan dengan tujuan kesejahteraan. Harapannya agar bisa membantu membangun perkenomian di Boltim,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Sam Sachrul Mamonto menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak BSG karena sudah merespon kerjasama yang dijalin dalam hal  membantu kesejahteraan Sangadi dan Perangkat desa di Boltim.

“Program ini tentunya sangat membantu sangadi dan jajarannya yang membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan ditengah krisis ekonomi yang melanda Indonesia sekarang ini,” ujar Sachrul.

Meski demikian kata Sachrul, pengajuan kredit di BSG tersebut nantinya  akan dikonfirmasi terlebih dahulu dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, berhubung tidak lama pemilihan sangadi (Pilsang) di Boltim akan kembali digelar.

“Jika BSG memberikan pinjaman saat ini, takutnya nanti setelah pilsang diadakan tentu ada sangadi beserta perangkat yang akan berganti sehingga bisa menjadi beban bagi mereka dan BSG. Olehnya terkait pemberian kredit ini masih akan dikonfirmasikan lagi waktunya,” pungkasnya.

Adapun penandatanganan kerjasama yang digelar di rumah dinas Bupati Boltim ini, turut disaksikan anggota DPRD Samsudin Dama, Asisten I Rahman Hulalata, Asisten III Rusmin Mokoagow serta Kepala Dinas PMD Hendra Tangel.