Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Kota Kotamobagu Raih Penghargaan PUSPAGA Terbaik se-Sulut

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu kembali meraih penghargaan atas capaian kinerjanya di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kali ini Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Pemerintah Kota Kotamobagu diganjar penghargaan PUSPAGA Terbaik se-Suawesi Utara. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (DP3A) Kota Kotamobagu, Virgina D. Olii, SE., Ketika dihubungi usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven O. E. Kandouw,  mengatakan penghargaan PUSPAGA ini diraih atas dedikasi dan keberhasilan Pemerintah Kota Kotamobagu melaksanakan bimbingan pra nikah bagi calon penganti di Kota Kotamobagu. 

“Alhamdulillah. Dari rangkaian pelaksanaan kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 di tingkat Provinsi Sulawesi Utara, hari ini kami menerima penghargaan PUSPAGA terbaik se-Sulut atas dedikasi dan keberhasilan dalam melaksanakan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin,” kata Gina, (6/8/2022). 

Capaian ini tentu saja berkat dukungan, kerjasama serta koordinasi lintas sektoral yang berjalan sangat baik dari berbagai pihak yang terlibat langsung. 

“Terima kasih kepada Ibu Wali Kota, pihak-pihak yang selalu membantu kerja PUSPAGA, Dinas Kesehatan sebagai konselor Kesehatan, Kementerian Agama Kotamobagu sebagai rohaniawan, para Psikolog, konselor keluarga, serta para lurah dan sangadi yang setiap saat membantu dan bekerjasama dengan PUSPAGA,” ujarnya. 

Ia berharap ke depan pembinaan pra nikah di PUSPAGA tidak terbatas untuk agama islam saja, tapi untuk semua agama yang diakui pemerintah. Juga ke depan masyarakat bisa menggunakan PUSPAGA sebagai tempat melakukan konsultasi tentang keluarga dan anak. 

“Ini juga sesuai harapan dari Ibu Asdep Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia saat berkunjung dan bertatap muka dengan tim PUSPAGA dalam rangka verifikasi lapangan Kota Layan Anak bulan lalu,” ungkap Gina.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Alam Adventure Manado ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah Sulut, Preseno Hadi, Kepala Dinas P3A Priovinsi Sulut, dr. Kartika Devi Tanos, Mars, juga para Kepala Dinas P3A se-Sulawesi Utara, dan perwakilan Forum Anak Daerah se-Sulut .