Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Kepala Puskesmas Modayag Imbau Warga Terapkan 3M Cegah DBD

TAJUK BOLTIM – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengimbau warga terapkan 3M untuk mencegah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Selasa (30/8/2022).

Kepala Puskesmas Kecamatan Modayag Barat, Risandi Momintan S.Kep, mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan langkah-langkah pencegahan wabah DBD di kecamatan Modayag Barat salah satunya dengan mengimbau warga terapkan 3M.

“Kami telah mengimbau kepada masyarakat agar melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan jentiknya untuk mencegah wabah DBD,” kata Risandi.

Menurutnya, fogging bukanlah satu-satunya cara untuk memberantas nyamuk penyebab DBD.

“Fogging hanya efektif dalam membunuh nyamuk dewasa tidak tapi tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk,” ungkapnya.

Ia juga berharap, selain melakukan PSN, masyarakat juga dapat melaksanakan gerakkan 3M Plus untuk mencegah terjadinya DBD.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat menguras wadah air seperti bak mandi agar telur dan jentik nyamuk mati, menutup rapat semua wadah air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur,” tandas Risandi.