Bupati Sachrul Buka Kegiatan Seminar Budaya

TAJUK BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Seminar Budaya, di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim, Kamis (7/7/2022).

Seminar Budaya yang diinisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna bekerjasama dengan Pemkab Boltim ini mengusung tema “Deskripsi Perjalanan Bogani Inde Dou dan Tadohe ke wilayah Timur Totabuan”.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, akan mengangkat budaya Bolaang Mongondow khususnya Bolaang Mongondow Timur.

“Budaya merupakan salah satu hal yang sangat bernilai besar. Sehingga generasi muda dituntut untuk tidak melupakan nilai-nilai sejarah daerah hingga bangsa ditengah tekanan perubahan zaman yang semakin modern,” katanya.

Bupati mengatakan, saat ini makin sedikit generasi muda menulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya. Untuk itu ia pun berharap, melalui kegiatan Seminar Budaya yang digelar hari ini, akan menjadi titik balik bangkitnya generasi muda penulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya.

“Nah lewat seminar ini, kita coba memulai dan mengangkat sejarah dan budaya,” harap Bupati.

Lanjutnya, budaya dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai sebuah bangsa. Ia pun mencontohkan Bali yang dikenal dunia karena kekayaan budaya dan adat istiadat.

“Dengan sejarah dan budaya kita bisa dipersatukan. Tujuannya adalah semata-mata untuk kepentingan Bolaang Mongondow Raya kedepan,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan Seminar Budaya tersebut, Sekda Sonny Warokka, Chairun Mokoginta bersama Umaruddin Mokodongan selaku narasumber, unsur Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda. (Yusuf/Advertorial)