Seska Ervina Budiman Lantik Bunda PAUD se-Boltim

TAJUK BOLTIM – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Seska Ervina Budiman, melantik dan mengukuhkan Bunda paud tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan, yang dilaksanakan di lantai III Kantor Bupati Boltim, Kamis (16/6/2022).

Seska Ervina Budiman mengatakan, Bunda paud adalah predikat dan profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta dan kasih sayang menjadi lokomotif dalam mendorong segenap elemen masyarakat baik di kecamatan sampai di tingkat desa masing-masing, berpotensi mengembangkan pendidikan.

“Ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, melalui direktorat anak usia dini untuk pemberdayaan dan penguatan peran bunda paud,” ujar Seska.

Dia juga mengungkapkan, sesuai peraturan presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini holistik integratif mengamanatkan kita untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh yang meliputi kesehatan dan gizi anak.

Kebutuhan dan kesehatan gizi, merupakan rangsangan pendidikan, pembinaan moral emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh berkembang secara optimal sesuai kelompok umur.

Maka melalui pelantikan bunda paud Kecamatan dan bunda paud desa ini, sangat diharapkan nantinya anak- anak dapat lebih maju SDM nya dan bundanya juga lebih proaktif guna menciptakan paud yang holistik dan integratif.

“Saya harap para bunda paud harus terus mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pondasi untuk meningkatkan SDM yang unggul itu ada pada pendidikan anak usia dini,” harap Seska Ervina Budiman.

Sementara itu, Kepala bidang PNFI Hariyanto Mamonto juga berharap dilantiknya bunda paud Kecamatan dan desa ini nantinya dapat lebih meningkatkan pelayanan pendidikan paud yang ada di desa masing-masing dan juga di kecamatan masing-masing.

“Semoga kedepan paud-paud yang ada di kabupaten Boltim ini lebih berkembang dan lebih maju lagi,” ujar Hariyanto.(*)