Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Boltim Semarakan Peringatan Harganas ke-29 Tahun dengan Tarian Dana-Dana

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), semarakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun, dengan menggelar jalan sehat, dan mempersembahkan tarian Dana-dana, Jumat (24/6/2022).

Persembahan salah satu tarian khas Bolaang Mongondow tersebut, berlangsung di lapangan Gogaluman Desa Tutuyan, Kecamatan Tutuyan. Diawali dengan jalan sehat dilanjutkan dengan tarian Dana-Dana yang dipimpin langsung Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, di dampingi istri tercinta Seska Ervina Budiman, serta diikuti oleh seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Sachrul menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan amanat Presiden Republik Indonesia, yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni, didasari oleh keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Selain itu momentum Harganas, harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia dan delapan fungsi keluarga yakni, agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan,” jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan, Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan Nasional.

“Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter Bangsa. Kegiatan dalam menyongsong Harganas menjadi ajang sosialisasi percepatan penurunan stunting kepada keluarga dan masyarakat, sekalian mengajak mengentaskan stunting di seluruh Indonesia. Lebih khusus, di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, sebagaimana tema yang diusung dalam Harganas ke-29 tahun 2022, Ayo Cegah stunting agar keluarga bebas stunting,” terang Sachrul.

Bupati juga menambahkan, selain peringatan Harganas semata, kegiatan ini juga untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Boltim (HUT) yang ke-14 Tahu

“Menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ke-14, telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, pelayanan KB sejuta akseptor diseluruh fasilitas kesehatan Puskesmas, praktik mandiri bidan dan Rumah Sakit Pratama yang bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia di Kabupaten Boltim, jalan sehat, dilanjutkan dengan Dana dana, serta pembagian Pil dan alat kontrasepsi kepada seluruh ASN yang telah berkeluarga secara gratis,” ujar Bupati.(*)