KPU Boltim Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 Serentak

TAJUK BOLTIMKomisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengikuti peluncuran tahapan Pemilu 2024 secara serentak, secara virtual di Kantor KPU Boltim, Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan. Selasa (14/6/2022) malam.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman, menyampaikan, bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai dan masih menggunakan regulasi yang sama dengan Pemilu sebelumnya.

“Jadi tahapannya ditarik 20 bulan dari hari pemilihan yaitu 14 Februari 2024, jadi kalau kita tarik persis tanggal 14 Juni 2022 hari ini, maka dimulailah seluruh tahapan itu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, selama tahapan pemilu digelar 20 bulan, KPU Boltim akan melewati beberapa rangkaian tahapan seperti Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, tahapan penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi serta penetapan Daerah Pemilihan (Dapil).

“Yang kita akan kita lewati bersama tahapan awal tentunya melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang selama ini kita mengupdate bersama stakeholder,” jelasnya.

Jamal, mengatakan, pihaknya pun akan melewati, tahapan pencalonan, masa pencalonan, masa kampanye, masa tenang, kemudian pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, dan pengucapan sumpah dan janji Presiden terpilih serta anggota legislatif.

“Kira-kira seperti itulah tahapan panjang yang akan kita lewati, diantara itu juga kami secara internal ada tahapan sosialisasi dan rekrutmen badan adhock yang mungkin akan diatur dalam peraturan KPU selanjutnya,” katanya.

Mantan Jurnalis ini juga berharap, dalam perjalanan tahapan pemilu ini, semua yang hadir pada peluncuran tahapan Pemilu memiliki tekad dan tujuan yang sama untuk mensukseskan Pemilu 2024.

“Tentunya dengan peran kita masing masing, baik itu teman-teman penyelenggara, pihak keamanan, dan pimpinan partai politik, mari kita sama sama mensukseskan tahapan Pemilu 2024,” harapnya.(*)