Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Bupati Boltim Menanda Tangani MoU Dengan Rektor Unsrat Manado

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolang Mongondow Timur (Boltim) menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si dengan Rektor Unsrat Manado Prof DR Ir Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, di Gedung Rektorat Unsrat, Selasa (7/6/2022).

Kerjasama tersebut terdiri dari beberapa sektor diantaranya Pemerintahan, Pembangunan, Administrasi, Sosial Ekonomi, Kelembagaan dan Kesejahteraan Rakyat melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Menurut Sachrul, kerjasama dengan Unsrat Manado sangat penting, karena mempunyai dampak dalam berbagai hal bagi daerah.

“Anak-anak Boltim bisa mendapat pendidikan disini (Unsrat, red) kemudian bagaimana mereka pulang membawa sumberdaya yang dimiliki untuk membangun daerah. Selain itu, ada beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan dari Unsrat untuk membantu pemerintah daerah dalam hal teknis,” ujar Bupati.

Untuk itu Lanjutnya, menindaklanjuti kerjasama ini, pihaknya berencana memberikan beasiswa bagi anak daerah untuk menempuh pendidikan di Universitas ternama di Sulawesi Utara tersebut.

“Kami sudah bicarakan dengan Sekda dan para asisten untuk memberikan beasiswa dari APBD, terutama jurusan kedokteran baik strata satu maupun dokter spesialis,” ungkap Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unsrat Manado Ellen Joan Kumaat sangat menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan Pemkab Boltim.

“Terima kasih kepada bupati yang juga alumni Unsrat. Kerjasama ini merupakan rangkaian baik dan dibutuhkan. Unsrat terbuka untuk menjadi tempat pendidikan maupun kerjasama lainnya, termasuk apabila ada staf Pemkab Boltim yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi,” ungkap Ellen.

Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan, Wakil Ketua DPRD Boltim Muhammad Jabir, Sekda Sonny Warroka, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Priyamos serta sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkab Boltim.

Sementara dari pihak Rektor Unsrat Manado sendiri dihadiri Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Prof DR Ir Sangkertadi DEA DR Ir John Tasirin MSc bersama jajaran.