BKPSDM Boltim Lakukan Pemetaan Tenaga Honorer

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), sedang melakukan pemetaan tenaga honorer yang akan dihapus pada tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten Boltim, Rezha Mamonto, Selasa (21/6/2022).

“Kami sekarang tengah melakukan pemetaan terhadap semua pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Tenaga Harian Lepas (THL) di berbagai perangkat daerah. Pemetaan yang dilakukan juga menyangkut pekerjaan yang dilakukan oleh honorer,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, bahwa pemetaan tenaga honorer yang dilakukan mulai dari kompetensinya dan masa kerja sebagai THL sesuai permintaan dari Menpan-RB.

“Dasar pemetaan tersebut akan didapatkan semua jenis jabatan THL untuk dijadikan usulan mendapatkan formasi PPPK dari Kemenpan-RB. Untuk THL atau tenaga honorer yang aktif di Pemkab Boltim ada sebanyak 404 orang. Jumlah tersebut yang tersebar di SKPD Pemkab Boltim,” tutupnya.

Diketahui, penghapusan tenaga honorer tersebut tertuang dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tertanggal 31 Mei 2022. Dalam poin 6 huruf b menyebutkan menghapuskan jenis kepegawaian selain PNS dan PPPK di lingkungan instansi masing-masing dan tidak melakukan perekrutan pegawai non-ASN.