Dinkes Boltim Temukan Makanan Kadaluarsa di Toko Waralaba

Tajuk.News, BOLTIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan pengawasan makanan dan minuman di sejumlah toko waralaba.

Dalam pengawasan tersebut, Dinkes menemukan produk makanan kedaluwarsa di salah satu toko waralaba di Kecamatan Kotabunan, pada pekan lalu.

Kepala Dinkes Boltim, Saifuddin Gobel, Selasa (12/4/2022) mengungkapkan, makanan kadaluarsa tersebut ditemukan di Toko Waralaba di Desa Buyat.

“Iya benar ada produk kadaluwarsa, dan langsung kita ingatkan untuk tidak diperjualbelikan,” ujar Saifudin.

Selain di toko waralaba Dinkes juga melakukan pengawasan di sejumlah kantin ramadhan yang menjual makanan takjil.

Pengawasan tersebut kata dia merupakan rutinitas setiap tahun Dinas Kesehatan turun ke lapangan memeriksa produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat.

“Kalau makanan takjil tidak ditemukan bahan yang berbahaya, semuanya layak konsumsi, begitu juga dengan air bersih atau air mineral,” ungkapnya.

Masih kata Saifudin, untuk mengukur layak atau tidaknya sebuah makanan dikonsumsi, pihaknya menggunakan alat Sanitarian Kit.

“Alat tersebut tidak bisa mengeluarkan rekomendasi namun hanya sebagai alat pengukur makanan dan minuman saja,” terangnya.

Selain di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan tambahnya, pihaknya juga berencana akan melakukan pengawasan di wilayah Modayag bersatu.

“Semua wilayah akan kita periksa, pekan kemarin di wilayah Puskesmas Kotabunan, Buyat dan Tutuyan, pekan depan akan turun di wilayah Modayag,” pungkasnya.(*/Yusuf)