Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemuda Remaja Masjid Motoboi Besar Menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

170

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Pemuda Remaja Masjid Kelurahan Motoboi Besar, menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, di Masjid Al Huda, Sabtu (5/3/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Lurah Motoboi Besar, pengurus masjid, imam, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, pemuda remaja masjid, dan tokoh masyarakat, di kelurahan Motoboi Besar.

Kegiatan diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Muhammad Rizal Ayuba.

Dalam sambutannya, Lurah Motoboi Besar Tendy A Ponubu, S.KM, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran masyarakat dalam kegiatan perayaan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

“Marilah sama-sama kita simak, dengarkan, dan amalkan apa yang akan disampaikan oleh penceramah nanti. Agar kita mengetahui hikmah atas peristiwa penting atas perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha,” ujar Tendy.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian hikmah Isra Mi’raj melalui ceramah oleh Ustadz Maulana Umar, dan diakhiri dengan doa bersama.

Untuk diketahui, Isra Mi’raj merupakan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.

Meski terjadi pada hari dan malam yang sama, namun Isra Mi’raj memiliki arti yang berbeda. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil al-Haram di Mekkah menuju ke Masjidil al-Aqsha. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi dari Masjid al-Aqsha menuju ke Sidratul Muntaha.

Perjalanan Nabi menuju tepat-tepat suci tersebut terjadi hanya dalam satu malam. Dalam perjalanannnya Beliau ditemani oleh malaikat Jibril dengan menunggangi Buroq. Rasulullah bertemu dengan Nabi Adam, Isa,Yahya, Idris, Yusuf, Musa, dan Nabi Ibrahim. 

Tak hanya itu, Muhammad juga bertemu dengan Allah di Sidratul Muntaha. Kala itu Beliau diberi mukjizat langsung oleh Allah berupa kewajiban untuk mengerjakan shalat 5 waktu. Oleh Allah Nabi juga diperlihatkan dengan surga dan neraka. Peristiwa ini tertulis dalam Al-Qur’an surah Al-Isra Ayat 1.